Bupati Tapsel Perintahkan Dinsos dan BPBD Gerak Cepat Beri Bantuan Ke Keluarga Korban Kebakaran

Artikel | Kamis, 18 April 2024

Share This :

TAPANULI SELATAN - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu memerintahkan Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk segera memberikan bantuan kepada keluarga korban kebakaran di Desa Panobasan Lombang, Kecamatan Angkola Barat pada Rabu (17/4).

"Bantuan tersebut sebagai bentuk empati Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan kepada masyarakat yang mengalami musibah," ujarnya.

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu melalui Kabid Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dani Ibrahim Lubis  menyampaikan kirim salam Bupati, bahwasanya beliau berkeinginan hadir namun ada tugas lain diluar kota, maka Bupati menyampaikan permohonan maaf dan titip salam kepada keluarga korban. 

Lebih lanjut Bupati menyampaikan turut prihatin atas musibah yang menimpa keluarga korban. “Kami datang untuk menyemangati dan sekaligus memberikan bantuan untuk meringankan beban kepada keluarga korban, semoga bantuan ini bisa meringankan beban keluarga,” harap Bupati melalui Kabid Linjamsos. 

Kemudian Bupati juga berpesan agar masyarakat selalu waspada dan cepat tanggap akan tanda-tanda munculnya api, seperti arus pendek, dan membakar sampah sembarangan,” katanya.

Dalam keterangan yang diterima bahwa kebakaran terhadap 1 unit rumah milik Ismail Siagian telah terjadi pada hari Selasa (16/4/2024) sekira pukul 14.00 WIB di Desa Panobasan Lombang Kecamatan Angkola Barat dan diperkirakan kerugian materi sebesar Rp100 juta, ungkap Kabid Linjamsos.

Adapun bantuan yang diberikan Bupati melalui Dinas Sosial yakni, sembako sebanyak 1 paket, dan bantuan logistik berupa, selimut 1 buah, kasur 1 buah, famili kid 1 paket, kids ware 1 paket, makanan siap saji 10 paket, makanan anak 8 paket dan tenda merah 1 buah.

Sedangkan bantuan dari BPBD Tapsel berupa uang yang bersumber dari donasi masyarakat korban bencana (Dompak) sebesar Rp 1 juta, kemudian bantuan family kids (perlengkapan balita) 1 set, selimut 2 buah, sarung, dan matras.

Pada kesempatan yang bersamaan Kalaksa BPBD Umar Halomoan Daulay mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar lebih hati-hati dan waspada terhadap berbagai kemungkinan bencana, dan apalagi menyangkut kebakaran. 

"Karena berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) saat ini sudah mengarah kepada musim kemarau, kemudian perubahan musim panas sangat terasa sehingga dapat dengan mudah memicu kebakaran, untuk itu penting kita lebih hati-hati dan waspada," paparnya.

Sementara itu, Camat Angkola Barat Muhammad Thohir Pasaribu mengucapkan terima kasih kepada pihak Dinas Sosial dan BPBD Tapsel yang hari ini telah berkobolarsi mengantar bantuan ke Desa Panobasan Lombang,” ucapnya. 

Sedangkan Ismail Siagian pemilik rumah yang terbakar mengucapkan terima kasih atas perhatian Pak Bupati yang telah memberikan bantuan kepada kami, semoga bantuan tersebut dapat kami gunakan dengan sebaik-baiknya.

"Semoga Bupati Dolly Pasaribu dan keluarga diberi kesehatan sehingga dapat memimpin Tapanuli Selatan secara berkelanjutan," harapnya.

 

Sumber: Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan

Infografis

© 2024 Kab. Tapanuli Selatan
| Situs Resmi Pemerintah Kab. Tapanuli Selatan