di Posting Tanggal 04-August-2020 | dibaca : (175) kali | suka : (0)
 

TAPSEL - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Syahrul M Pasaribu mengajak kepada pemangku keputusan untuk saling berkolaborasi dalam hal penanganan sampah, agar sampah tidak menjadi masalah besar dikemudian hari.


            Hal itu disampaikan Bupati saat menjadi opening Webinar tentang "Peran Pemuda Dalam Pengelolaan Sampah Berbasis Kewirausahaan Sosial" yang digelar secara virtual dari ruang kerjanya, Sabtu (1/8). Adapun sebagai narasumber pada kegiatan webinar, Koneko Airi (Manager Shinryo Corperation Jepang), Samantha Skrivere (CEO Ministry Of Waste Inggris), Wildayanti (CEO PT. Xaviera Global Sinergi Indonesia) dan M Bijaksana Jenerosano (CEO PT. Waste 4 Change Indonesia) sedangan sebagai Host, Armawati (Direktur Arta Jaya) dan Moderator, Popo D Iskandar (Conservation International Indonesia). Pada kesempatan itu, Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, SH mengatakan, saya sangat menyambut baik terhadap kegiatan ini, karena masalah sampah merupakan masalah kita bersama dan kalau tidak ditangani dengan baik maka akibatnya akan dirasakan kepada anak cucu kita kelak. Jadi tidak hanya perspektif jangka pendek namun menjadi perspektif jangka panjang. Sebagaimana kita ketahui bersama, khususnya di kota-kota besar maupun di kabupaten harus mempunyai persepsi yang sama bagaimana mengelola sampah ini tidak menjadi beban terhadap wilayah-wilayah tertentu termasuk beban masyarakat terutama anak muda kita. Karena kalau sampah tidak dikelola dengan baik maka akan menjadi masalah besar dikemudian hari, terang Syahrul.

            Disisi lain manakala sampah ini dapat dikelola dengan baik maka akan menjadi nilai ekonomis, karena sampah bisa menjadi sumber energi listrik dan sampah juga bisa menjadi pupuk kompos dan yang tidak kalah pentingnya apabila para pengambil keputusan seperti pihak pemerintah berkolaborasi dengan Non Governmental Organization (NGO) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berkonsentrasi dalam hal penanganan sampah maka sampah akan dapat terkelola menjadi kewirausahaan sosial. Saya juga ingin mengajak kepada teman-teman kepala daerah yang mempunyai sisi pandang yang sama untuk bersama-sama mengelola sampah dengan baik, sehingga nantinya tidak menjadi beban daerah, beban negara maupun beban sejarah terhadap anak cucu kita kelak dikemudian hari, ajak Syahrul. "Seperti halnya kami di Tapsel walaupun produk sampahnya belum seperti di kota-kota besar tetapi berkat kerjasama kami dengan berbagai stakeholder seperti TPA Sipirok yang bekerjasama dengan Kementerian PU dan PR walaupun produk sampahnya belum terlalu besar volumenya atau tonasinya akan tetapi kita sudah mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi apabila sampah ini menimbulkan penyakit ditengah masyarakat." Oleh karena itu, agar sampah organik dan non organik ini dapat sejalan secara simultan dengan pembangunan harus ada keseimbangan terhadap pembangunan yang berkelanjutan tanpa harus ada sektor-sektor yang terlupakan.

            Mudah-mudahan kegiatan ini dapat merumuskan langkah-langkah yang strategi, agar kedepannya masyarakat tidak membuang sampah sembarangan baik ke parit maupun ke sungai sehingga apabila terjadi hujan tidak terjadi banjir Sekali lagi saya berharap, semoga kegiatan ini dapat melahirkan rumusan pikiran-pikiran yang cerdas sehingga kelak dapat merubah pola pikir dan karakter masyarakat kita yang ada di kabupaten, harap Syahrul. Turut hadir mendampingi Bupati, Kadis Lingkungan Hidup Sahrir Siregar beserta Sekretaris, Kadis Pertanian Bismark Muaratua, Kadis Pendidikan Amros Karangmatua, Kadis Kominfo Inganan Dalimunthe, Kadis PMPTSP Sofyan Adil Siregar dan Kabag Humas & Protokol Isnut Siregar. (Humas dan Protokol Tapsel)

        
 suka : (0)  |    dibaca : (175) kali
 
06-December-2016
KESEHATAN
06-December-2016
PERTANIAN
06-December-2016
PARIWISATA
05-December-2016
PENDUDUK
05-December-2016
KETENAGAKERJAAN
BPKPAD Kab. Tapsel
DPMPTSP Kab. Tapsel
BAPPEDA Kab. Tapsel
LAPOR!
LPSE Tapsel
Provinsi Sumatera Utara
siMAYA
PPID TAPANULI SELATAN
  • OS Anda : Unknown
  • Browser Anda : Unknown v.?
  • Pengunjung Hari kemaren : 97 pengunjung
  • Pengunjung Hari ini : 14 pengunjung
  • Pengunjung Sampai Hari ini : 238,461 pengunjung
  •