di Posting Tanggal 01-August-2020 | dibaca : (156) kali | suka : (0)
 

TAPSEL- Anggota DPRD Tapsel H Dolly Putra Parlindungan Pasaribu mengaku sangat terkesan dengan acara santap siang bersama sekitar 1800 warga, di Desa Pargarutan Julu, Kecamatan Angkola Timur, Sabtu (1/8), pada momentum hari raya kurban.


            Menurutnya, tradisi makan bersama saat hari raya kurban itu, sangat mengesankan. Dan mengharapkan tradisi itu, bisa dipertahankan, dan bila memungkinkan terus dilestarikan dan ditingkatkan. “Sangat mengesankan, sangat membanggakan. Mudah mudahan tradisi ini terus dilestarikan dan ditingkatkan. Tak hanya di Pargarutan Julu, tetapi bila memungkinkan disemua desa yang ada di Tapsel,” ungkapnya. Sedangkan pelaksanaan acara makan bersama itu tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah seperti tampak seluruh masyarakat memakai masker, menjaga jarak satu dengan yg lainnya begitupun, panitia juga menyedikan tempat cuci tangan dibeberapa sudut lokasi acara. Diutarakan Dolly, setelah melihat kearifan lokal yang ada ditengah masyarakat Tapsel itu, membuktikan, nilai kebersamaan, kekompakan dan kegotong royongan masih sangat kental didalam kehidupan bermasyarakat. “Dan itu tak boleh tergerus oleh budaya luar. Harus kita pertahankan,” tegas Dolly yang juga Ketua Fraksi Gerindra di DPRD Tapsel ini. Sejak penyerahan hewan kurban dari Keluarga Bupati Tapsel sambung Dolly, dirinya telah melihat nilai gotong royong tanpa perbedaan kasta diantara warga baik kaya maupun miskin. Semua bekerja dan bersantap siang bersama-sama diatas tikar, tanpa ada perbedaan sama sekali.

            “Nuansanya sangat merakyat. Sangat bagus dan memang menjadi pesta rakyat,” tuturnya seraya menyampaikan, jika agenda itu terus dilestarikan dan lebih dikemas menjadi pesta rakyat, tentunya tak hanya menjadi kekayaan budaya semata, tetapi sangat berpotensi menjadi agenda wisata kedepan. “Saya yakin betul, ini merupakan spirit di Tapsel untuk menumbuhkan semangat kebersamaan kedepan,” tutupnya. Sementara itu Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, SH menyebut, memang telah menjadi kearifan lokal bagi masyarakat Desa Pargarutan Julu, Kecamatan Angkola Timur, bahwa setiap hari raya kurban atau Idul Adha, selalu menggelar acara santap siang bersama dengan menggelar tikar dihalaman bahkan badan jalan. “Ini sudah sejak lama dilakoni masyarakat Desa Pargarutan Julu. Dan kali ini, sesuai informasi dari Kepala Desa maupun panitia menyebut acara makan bersama ini di ikuti sedikitnya 1800 jiwa,” terangnya.

            Syahrul juga mengaku bangga melihat suasana tersebut. Dan berharap, rasa kebersamaan dan kekompakan warga agar kedepannya terus dipertahankan. Karena, majunya suatu daerah, tak lepas dari peran serta masyarakatnya, dalam menjaga rasa persatuan dan kesatuan, kebersamaan dalam bingkai gotong royong. Pada acara bersantap siang bersama itu, ribuan warga begitu antusias. Selain Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, juga tak ketinggalan Ketua Majelis Wali Amanat USU, H Panusunan Pasaribu, H Dolly PP Pasaribu mewakili Ketua DPRD Tapsel, Kadis Pendidikan Amros Karangmatua, Kadis PMPTSP Sopyan Adil Siregar, Kadis Pertanian Bismark Muaratua, Kabag Humas & Protokol Isnut Siregar, Camat Angkola Timur Ricky Hadamean Siregar dan Kabid Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal Zulfan Hamidi Hasibuan. (Humas dan Protokol Tapsel)

        
 suka : (0)  |    dibaca : (156) kali
 
06-December-2016
KESEHATAN
06-December-2016
PERTANIAN
06-December-2016
PARIWISATA
05-December-2016
PENDUDUK
05-December-2016
KETENAGAKERJAAN
BPKPAD Kab. Tapsel
DPMPTSP Kab. Tapsel
BAPPEDA Kab. Tapsel
LAPOR!
LPSE Tapsel
Provinsi Sumatera Utara
siMAYA
PPID TAPANULI SELATAN
  • OS Anda : Unknown
  • Browser Anda : Unknown v.?
  • Pengunjung Hari kemaren : 97 pengunjung
  • Pengunjung Hari ini : 19 pengunjung
  • Pengunjung Sampai Hari ini : 238,466 pengunjung
  •