di Posting Tanggal 09-January-2020 | dibaca : (169) kali | suka : (0)
 

TAPSEL - TIm Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumut lakukan evaluasi desa binaan kategori Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kependudukan Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) kesehatan tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019, di Desa Simaninggir, Kecamatan Marancar, Kamis (9/1/2020).


            Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu yang diwakili Kadis PP dan KB Ahmad Ibrahim Lubis menyampaikan, saya ucapkan selamat datang kepada tim evaluasi dari Provsu, semoga kedatangan tim kemari dapat membawa oleh-oleh dari sini ke provinsi agar kami dapat mengetahui hasil evaluasi tersebut dan semoga melalui kegiatan evaluasi desa binaan kategori PKK KKBPK kesehatan dapat meningkatkan cakupan pelayanan yang adil dan berkualitas dalam program pemberdayaan kesejahteraan keluarga terkait dengan 10 program pokok pkk, khususnya program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat. Keterlibatan kelompok masyarakat dalam kegiatan ini diharapkan dapat memaksimalkan upaya peningkatan taraf kesehatan, pemberdayaan keluarga di bidang ekonomi serta menjadi peserta KB. Sehingga secara keseluruhan akan berdampak pada keberlangsungan pemakaian alat kontrasepsi, status gizi dan kesehatan masyarakat, khususnya anak dan balita dari kalangan keluarga pra sejahtera dan keluarga sejahtera. Ibrahim menambahkan, dari berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, walaupun telah menunjukan pencapaian yang cukup baik. Namun kegiatan ini masih memerlukan upaya konkret dalam memberikan kontribusi nyata terhadap cakupan pelayanan KB dan kesehatan yang dilakukan melalui kelompok dasa wisma, posyandu, pos pembantu KB Desa, sub pos pembantu KB Desa di tingkat RW, pos kesehatan desa, pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dan lain-lain. “Harapan kami, setelah dilaksanakannya pembinaan yang intensif dalam kegiatan evaluasi desa binaan kategori pkk kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) kesehatan oleh semua pihak secara bersinergi, khususnya bagi masyarakat Desa Simaninggir Kecamatan Marancar, dan umumnya bagi masyarakat Kabupaten Tapsel agar memiliki akses terhadap kehidupan yang lebih berkualitas, khususnya dalam aspek pemberdayaan keluarga, Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) kesehatan.

            Sebelumnya, Ketua TP. PKK Kab. Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu mengatakan, saya ucapkan selamat datang kepada tim evaluasi desa binaan Provsu begitu juga kepada ibu-ibu semua, karena tanpa ibu-ibu kami bukan apa-apa dan tanpa ibu-ibu kami tidak bisa mengerjakan apa-apa. Pada hari ini kita akan verifikasi, apakah benar isi laporan dan kenyataan dilapangan, berkaitan dengan itu kami akan memberikan yang terbaik dan andaikan nanti ada kekurangan dan kesempurnaan tolong dipahami, kami masyarakat desa punya semangat untuk membangun desa, karena kami disini menyadari gerakan KB sangat penting bagi peningkatan kualitas berkeluarga. “Melalui kegiatan ini diharapkan kesadaran masyarakat tentang KB, kepedulian lingkungan, kesehatan dan pendidikannya bisa meningkat. Selain itu, kami juga berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Simaninggir. Tentunya kami optimis Desa Simaninggir bisa menjadi desa binaan kategori PKK KKBPK Kesehatan terbaik di tingkat Sumut,” jelasnya.

            Oleh karenanya kami siap bekerja untuk menjalankan visi dan misi dari pada gerakan PKK dan kami juga siap bekerja untuk kepentingan rakyat, tegas Syaufia. Ditempat yang sama, Ketua Rombongan tim penilai dari Provinsi Sumut, Lucy Destriati mengatakan, kegiatan evaluasi desa binaan ini bermaksud untuk menilai pelaksanaan PKK-KKBPK Kesehatan oleh Tim Penggerak PKK kabupaten Tapsel. Dimana hasil penilaian ini dilakukan untuk menentukan PKK-KKBPK Kesehatan Kabupaten/Kota se-Sumut terbaik di tingkat Provinsi Sumut, yang dibagi beberapa kategori. Yakni, kategori PKK-KKBPK-Kesehatan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta Lingkungan Bersih Sehat (LBS), yang nantinya akan mewakili untuk berlomba di tingkat nasional. “Selain itu, kegiatan ini juga untuk membina masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan di Kabupaten Tapsel. Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi motor penggerak partisipasi semua pihak dalam wadah pembinaan bagi instansi pemerintah, organisasi masyarakat, LSM, dunia usaha dan swasta,” tegasnya. (Humas dan Protokol Tapsel)

        
 suka : (0)  |    dibaca : (169) kali
 
06-December-2016
KESEHATAN
06-December-2016
PERTANIAN
06-December-2016
PARIWISATA
05-December-2016
PENDUDUK
05-December-2016
KETENAGAKERJAAN
BPKPAD Kab. Tapsel
DPMPTSP Kab. Tapsel
BAPPEDA Kab. Tapsel
LAPOR!
LPSE Tapsel
Provinsi Sumatera Utara
siMAYA
PPID TAPANULI SELATAN
  • OS Anda : Unknown
  • Browser Anda : Unknown v.?
  • Pengunjung Hari kemaren : 87 pengunjung
  • Pengunjung Hari ini : 6 pengunjung
  • Pengunjung Sampai Hari ini : 236,767 pengunjung
  •