di Posting Tanggal 06-January-2020 | dibaca : (1400) kali | suka : (0)
 

TAPSEL - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Syahrul M Pasaribu, SH membuka rapat kerja dan koordinasi Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan bersama kecamatan dan desa di aula Sarasi II, Kantor Bupati Tapsel, Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok, Senin (6/1/2020).


            Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, SH dalam sambutannya mengatakan, bahwa laporan keuangan pemerintah daerah 2019 pada minggu ketiga Januari sudah disampaikan ke BPK. "Di tahun 2019 juga sudah bisa dilalui dan dijalani dengan baik, walaupun belum sempurna, manakala kalau kita ingin sempurna maka panglima desa ini harus dapat menyelesaikan SPJ nya dengan baik dan tepat waktu," jelasnya. Syahrul juga menyampaikan di tahun 2019 pendapatan daerah di sektor pajak jauh melesat dari perkiraan. Dan jauh menurun dari persentase di tahun 2018 yang hanya di sekitaran 80%. Oleh karena itu, Bupati berharap kepada semua OPD yang mempunyai program agar segera tindak lanjuti, dengan catatan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Apabila ini cepat dilaksanakan di tengah - tengah masyarakat maka akan memicu pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat, jelasnya. Di lain hal Bupati juga menyampaikan bahwa pemerintah terus berupaya agar bisa unggul di era kompetisi yang semakin ketat. Sedangkan gaya lama sudah tidak bisa lagi di jalankan dan secara nasional dana desa itu bertujuan untuk menumbuh kembangkan Bungdes.

            "Saya berharap penggunaan APBD des, supaya betul - betul di pergunakan dengan baik dan bijak, terkait honor - honor guru mengaji, nazir masjid dan guru sekolah minggu supaya di salurkan dengan baik serta agar dilaksanakan seleksi untuk semua perangkat desa, agar ada peningkatan kualitas itu semua sesuai dengan peraturan Presiden, yang kemungkinan akan bertambah honornya lagi sedangkan untuk honor kepala desa akan bertambah menjadi Rp 3.500.000 sudah termasuk BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan," ungkapnya Sebelumnya Kapala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Muhammad Yusuf menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja pemerintahan kedepan. Sedangkan pencapaian kinerja di tahun 2019 bisa di laksanakan di tahun berikutnya, jelas Yusuf. "Beberapa kegiatan untuk penguatan pemerintah desa di tahun 2019 antara lain, penataan kantor - kantor yang ada di desa masing - masing, serta perlengkapan sarana prasarana perkantoran yang sudah hampir memenuhi persyaratan yang ada," katanya. "Untuk penguatan desa yang mandiri dan maju, di tahun 2019 kita sudah bekerja sama dengan PT. ANJ dan PLTA Batangtoru untuk membuat proyek desa percontohan bagi desa mandiri dan maju. Dan pada tahun 2020 kita tidak perlu lagi belajar keluar akan tetapi bisa belajar di daerah kita," jelasnya.

            Lebih lanjut Yusuf juga mengungkapkan bahwa Tapsel masuk kategori A pada desa binaan di Provinsi Sumatera Utara. Serta dalam meningkatkan pelayanan di tahun 2019 sudah dilakukan peningkatan disiplin aparat desa. "Dengan harapan kedepan bisa terus ditingkatkan paling tidak dapat di pertahankan. Adapun target anggaran 2020 untuk perangkat desa antara lain, meningkatkan penguatan perangkat desa, serta untuk pemberdayaan desa akan dilaksanakan dan kita juga akan melakukan pengangkatan atau penetapan sekretaris desa non PNS. Sedangkan pada tahun 2020 kita akan melaksanakan struktur perangkat desa dengan melaksanakan seleksi untuk semua perangkat desa yang ada, dengan tujuan semua perangkat desa akan mumpuni melaksanakan tugas - tugasnya," ungkapnya. "Sejalan dengan itu peningkatan disiplin perangkat desa akan diberlakukan face print. Dan di tahun 2020 semua desa sudah ada layanan internet untuk memudahkan dalam memberikan pelayanan," pungkasnya. Turut hadir, Staf Ahli, pimpinan OPD, para Kabag, Camat se-Tapsel, Kepala Desa se-Tapsel dan Pendamping Desa se-Tapsel. (Humas dan Protokol Tapsel)

        
 suka : (0)  |    dibaca : (1400) kali
 
06-December-2016
KESEHATAN
06-December-2016
PERTANIAN
06-December-2016
PARIWISATA
05-December-2016
PENDUDUK
05-December-2016
KETENAGAKERJAAN
BPKPAD Kab. Tapsel
DPMPTSP Kab. Tapsel
BAPPEDA Kab. Tapsel
LAPOR!
LPSE Tapsel
Provinsi Sumatera Utara
siMAYA
PPID TAPANULI SELATAN
  • OS Anda : Unknown
  • Browser Anda : Unknown v.?
  • Pengunjung Hari kemaren : 87 pengunjung
  • Pengunjung Hari ini : 14 pengunjung
  • Pengunjung Sampai Hari ini : 236,775 pengunjung
  •