di Posting Tanggal 04-November-2019 | dibaca : (27) kali | suka : (0)
 

TAPSEL - Dalam rangka menyambut HUT Tapsel ke-69 dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019, Sekda Tapsel Parulian Nasution meresmikan pelaksanaan bakti sosial operasi bibir sumbing dan celah langit-langit di UPT. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kab. Tapsel, Kecamatan Sipirok, Senin (4/11/2019).


            Dalam sambutan Bupati Tapsel yang diwakili Sekda Parulian Nasution menyampaikan, saya atas nama Pemkab Tapsel mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur UPT. RSUD Tapsel yang selalu senantiasa berbuat baik kepada masyarakat Tapsel, dengan menggelar operasi bibir sumbing yang didampingi oleh 15 orang para dokter spesialis bedah mulut sebagaimana yang disampaikan oleh dr. Tulus Pasaribu, ujar Parulian. Saya melihat ini merupakan suatu langkah yang maju, karena dalam menyambut HUT Tapsel perlu ada yang lebih menonjol untuk pengabdian kepada masyarakat seperti operasi bibir sumbing ini, dan yang lebih penting lagi bagaimana untuk mencegah jangan sampai terjadi kesumbingan kepada masyarakat kita. Karena kesumbingan ini merupakan penyakit bawaan lahir, akan tetapi yang lebih kita takutkan jangan sampai penyakit ini diakibatkan oleh prilaku ibu yang kurang sehat ketika hamil seperti merokok ketika hamil begitu juga suka minum-minuman yang beralkohol ketika hamil sehingga pada waktu anak melahirkan akan menyebabkan terjadinya sumbing. Oleh karena itu saya berharap, marilah kita wujudkan prilaku hidup sehat dan budaya sehat untuk menuju keluarga sehat. Sedangkan untuk para petugas kesehatan haruslah ramah, sopan, dan santun dalam melayani pasien sehingga dengan pelayanan yang baik dapat mewujudkan masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera, tentunya itu semua harus memiliki SDM yang unggul dan SDA yang produktif dan lestari, harap Parulian.

            Sedangkan Kabid Humas Poldasu Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja dalam sambutannya mengatakan, bahwasanya Kapoldasu sangat antusias dengan kegiatan bakti sosial ini dan apalagi kegiatan ini adalah dalam rangka menyambut HUT Tapsel yang ke-69, semoga Tapsel semakin sukses, semakin sejahtera dan semakin sehat masyarakatnya, sehingga kelak dapat melahirkan bibit-bibit unggul sebagai generasi penerus bangsa ke depan. Saya menginformasikan bahwasanya Poldasu ditahun pertama dan kedua belakangan ini telah melakukan kegiatan bakti kesehatan dan sudah memberikan pelayanan dan fasilitas kesehatan secara gratis sebanyak kurang lebih 88 ribu orang, dan diantara kegiatan itu antara lain melakukan operasi bibir sumbing yang lebih kurang 40 sampai 60 orang, sedangkan untuk operasi katarak kurang lebih 4000 sampai 5000 orang dan banyak lagi kegiatan-kegiatan bakti kesehatan lainnya. Pada hari ini juga kami melaksanakan operasi tumor di tanah Karo, sehingga hampir seluruh wilayah Provinsi Sumatera Utara akan diberikan akses pelayanan kesehatan secara gratis. Sebagaimana tema HKN ke-55 "Generasi Sehat, Indonesia Unggul" apabila sehat pasti akan unggul, semoga melalui kegiatan ini dapat menjadi contoh kepada rumah sakit yang lain untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial secara gratis. Sebelumnya Kadis Kesehatan Tapsel Dr. Sri Khairunnisa, MH dalam laporannya menjelaskan, adapun tujuan kegiatan sosial ini ialah untuk meringankan beban masyarakat yang menderita bibir sumbing agar dapat merasakan pelayanan kesehatan dalam bentuk operasi agar dapat hidup normal dan sehat sebagaimana manusia pada umumnya, jelas Sri.

            Kegiatan bakti sosial ini adalah dalam rangka menyambut HUT Tapsel yang ke-69 dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 yang mana tema HKN kali ini adalah "Generasi Unggul, Indonesia Sehat" maka dari itu untuk tema pada kegiatan bakti sosial hari ini yaitu "Pancarkan Senyum Anak Tapanuli Selatan, Generasi Sehat Indonesia Unggul." Untuk itu mari kita wujudkan kepedulian kita kepada penderita bibir sumbing. Sedangkan operasi bibir sumbing ini bekerjasama dengan DPD KNPI Provinsi Sumatera Utara yang dilakukan selama 3 (tiga) hari dimulai dari tanggal 4 sampai 6 Nopember 2019 di UPT. RSUD Kab. Tapsel dan diikuti 35 orang dari 15 Kecamatan se-Tapanuli Selatan. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian tali asih kepada 50 orang anak yatim dan 20 orang lanjut usia (lansia) oleh Sekda Tapsel yang didampingi Kabid Humas Poldasu, Kabid Dokkes Poldasu, Kapolres Tapsel, Ketua DPRD Kab. Tapsel dan Ketua DPD KNPI Provsu. Turut hadir dalam momen tersebut, Kabid Dokkes Kombes Pol dr. Sahat Harianja, Kapolres Tapsel AKBP. Irwa Zaini Adib, SIK, MH, Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, mewakili Kajari Tapsel, Kadis PP dan PA Tiorisma Damayanti, Ketua DPD KNPI Provsu Syamsir Pohan, Direktur UPT. RSUD Kab. Tapsel drg. Firdaus Batubara, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar, Forkopimcam Sipirok, Camat Sipirok Sardin Hasibuan, para IDI, Ketua DWP, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, para peserta operasi dan tamu undangan lainnya. (Humas dan Protokol Tapsel)

        
 suka : (0)  |    dibaca : (27) kali
 
06-December-2016
KESEHATAN
06-December-2016
PERTANIAN
06-December-2016
PARIWISATA
05-December-2016
PENDUDUK
05-December-2016
KETENAGAKERJAAN
BPKPAD Kab. Tapsel
DPMPTSP Kab. Tapsel
BAPPEDA Kab. Tapsel
LAPOR!
LPSE Tapsel
Provinsi Sumatera Utara
siMAYA
PPID TAPANULI SELATAN
  • OS Anda : Unknown
  • Browser Anda : Unknown v.?
  • Pengunjung Hari kemaren : 70 pengunjung
  • Pengunjung Hari ini : 28 pengunjung
  • Pengunjung Sampai Hari ini : 224,372 pengunjung
  •