di Posting Tanggal 28-March-2019 | dibaca : (15) kali | suka : (0)
 

TAPSEL- Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Syahrul M Pasaribu mengajak kepada semua pimpinan daerah untuk memberdayakan gerakan PKK Desa dengan baik. Hal itu disampaikannya pada acara pelaksanaan Supervisi Desa Binaan Kabupaten Tapsel Tahun 2019, di Aula Sarasi II, lantai 3 Kantor Bupati Tapsel, Sipirok, Rabu (27/03/19).


            Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu dalam arahannya mengatakan, untuk semua Camat, Kepala Desa dan pimpinan OPD apabila PKK Desa bergerak, sudah pasti menjadi tugas kita untuk mendampingi agar kita semua menjadi penggerak pembangunan,"katanya. Bupati juga berharap agar supervisi bisa melaksanakan pembinaan terhadap semua PKK Desa/Kecamatan di Tapsel, khususnya untuk desa binaan. "Agar kedepannya bisa menambah bekal kepada semua masyarakat desa binaan dalam melaksanakan fungsi pembangunan, dengan berpedoman kepada 10 program pokok PKK," jelasnya. Diakhir sambutannya Syahrul juga mengatakan, bahwasanya di Tapsel honor Kepala Desa yang paling besar, maka berterimah kasihlah kepada tim penggerak PKK Provinsi Sumut atas kontribusi untuk kemajuan PKK Kab/Kota demi mewujudkan masyarakat Tapsel yang sehat,cerdas dan sejahtera. Selanjutnya Ketua Tim Penggerak PPK Tapsel Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu menyampaikan sesuai dengan arahan Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu beberapa waktu lalu kepada setiap desa yang ikut diperlombakan, mereka diberi anggaran dari Pemerintah sebesar 50 juta perdesa.

            "Dengan demikian kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati atas pengembangan penggerakan PKK di Tapsel yang sudah di tampung di ADD,"katanya. Pembinaan yang dilakukan di desa dengan bekerja sama pada semua pimpinan OPD. "Saya juga bersyukur memiliki pimpinan OPD yang paham betul mengenai kebutuhan PKK, seperti kita tahu pimpinan OPD dan PKK merupakan mitra kerja yang saling bergandengan tangan," jelasnya. Syaufia Lina juga menegaskan ada beberapa Desa yang dabel kategori, tinggal keputusan kita yang akan dikirim ke Provinsi. Tidak ada Kecamatan yang tidak memiliki beban tugas. Hari ini dan seterusnya tidak ada alasan, seluruh tim penggerak PKK Desa harus melaksanakan gerakan PKK di desanya dengan 10 programnya. Sebelumnya Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) M. Yusuf dalam laporannya menjelaskan, dasar pelaksanaan dari kegiatan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No.1 tahun 2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga dan surat Keputusan Bupati Tapsel No188.45/547/KPTS/2018 tentang Lokasi dan Penanggung Jawab Desa Binaan Percontohan Kabupaten Tapsel 2019. "Maksud dari kegiatan desa binaan ini adalah agar mampu meningkatkan pemberdayaan masyarakat, mewujudkan kemendirian dan kesejahteraan masyarakat yang berbasis kepada optimalisasi sumber daya masyarakat, khususnya kaum perempuan yang mengkelola potensi sumber daya alam di desa masing-masing,"katanya.

            Yusuf juga menerangkan dalam pelaksanaan kegiatan supervisi ini ada 10 kategori desa binaan. "Kategori desa binaan Hatinya PKK, Tertib Administrasi, UP2K PKK, Pola asuh anak dan remaja, Iva Test, HKG PKK, KB Kesq, Posyandu, Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), PTP2WKSS, jelasnya. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara dalam hal ini diwakili Tedja Syafuddin selaku Ketua tim supervisi menjelaskan, tujuan dilaksanakan supervisi ini adalah untuk mengetahui beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan pada tim penggerak PKK Kabupaten dalam membina desa tentang pelaksanaan 10 program PKK yang semua itu didukung oleh Dinas/OPD yang terkait. "Pembenahan harus terus menerus dilaksanakan, terkait berbagai aturan dan ketentuan. Hal ini harus benar-benar dilakukan agar tercapainya keseragaman dan ketertiban gerakan PKK," katanya. "Semua kader harus bisa memberikan penyuluhan sumber daya manusia. Agar terjadi penguatan SDM yang dapat diandalkan kinerjanya dan kualitas yang lebih bagus. "Seperti dalam kemitraan PKK itu akan kuat dan handal apabila, bermitra dengan baik, memiliki jaringan atau sistem kerja sama yang profesional, diharapkan dengan kemitraan gerakan PKK semakin maju dan berkualitas," ungkapnya. Turut hadir Wakil Bupati Tapsel H Aswin Efendi Siregar, Wakil Ketua TP. PKK Tapsel, anggota supervisi Provsu, Dinas PMD Provsu, Dinas Kesehatan Provsu, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provsu, Pimpinan OPD, Camat se-Kabupaten Tapsel, Kepala Desa se-Tapsel, Kepala Puskesmas, PKK Kecamatan, PKK Desa, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat Sumut Syamsul Qamar. (Humas dan Protokol Tapsel)

        
 suka : (0)  |    dibaca : (15) kali
 
06-December-2016
KESEHATAN
06-December-2016
PERTANIAN
06-December-2016
PARIWISATA
05-December-2016
PENDUDUK
05-December-2016
KETENAGAKERJAAN
BPKPAD Kab. Tapsel
DPMPTSP Kab. Tapsel
BAPPEDA Kab. Tapsel
LAPOR!
LPSE Tapsel
Provinsi Sumatera Utara
siMAYA
PPID TAPANULI SELATAN
  • OS Anda : Unknown
  • Browser Anda : Unknown v.?
  • Pengunjung Hari kemaren : 55 pengunjung
  • Pengunjung Hari ini : 7 pengunjung
  • Pengunjung Sampai Hari ini : 207,626 pengunjung
  •