• Beranda
  • Terbaru
  • Bupati Tapsel Sebut Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dimulai dari Keluarga

TAPSEL - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu, S.Pt, MM mengatakan bahwa keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat, maka untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat, harus dimulai dari menyejahterakan keluarga. Hal itu di sampaikan Bupati pada acara pelantikan dan pengukuhan TP PKK Kabupaten Tapanuli Selatan masa bhakti 2021-2024 di Aula Sarasi II Kantor Bupati Tapsel, Selasa (6/3).



Bupati Tapsel Sebut Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dimulai dari Keluarga.

Pada kesempatan itu juga, Bupati mengucapkan selamat kepada TP PKK Kabupaten Tapsel yang baru saja dilantik dan dikukuhkan. Bupati berharap, jabatan tersebut menjadi wujud tanggungjawab dan amanah dalam pembinaan ke masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan keluarga, anak dan suami. Bupati menjelaskan, bahwa 10 program pokok PKK merupakan kegiatan lintas sektor yang dapat meningkatkan kemampuan, kemandirian, serta ketahanan mental maupun spiritual perempuan terutama masyarakat pedesaan. Peran PKK ke depan, kata Bupati, tidak akan lebih ringan. "Namun lebih sulit dikarenakan banyaknya persoalan-persoalan kemasyarakatan yang cenderung lebih luas dan kompleks. Untuk itu perlu ada paradigma baru PKK yang dapat diartikan sebagai sikap dan cara pandang baru," kata Dolly. Perubahan tatanan hidup yang dinamis, lanjut Bupati, akan cepat berubah. Demikian juga dengan perkembangan tekhnologi yang semakin maju dan modern yang sangat berpengaruh terhadap strategi kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintahan. "Saya yakin dan percaya bahwa ibu-ibu sekalian sebagai unsur pimpinan TP PPK di bidangnya masing-masing dapat memiliki talenta atau bakat. Dan saya akan selalu optimis terhadap program dan kegiatan PKK," terangnya.

Bupati mengaku, berdasarkan pengamatan di kecamatan dan desa, sangat memberikan respon yang baik. Dan respon tersebut dapat di pertanggungjawabkan secara benar. Prestasi PKK selama ini, tidak terlepas dari kemampuan dalam menjaga dan memelihara kepercayaan yang telah diberikan masyarakat dan pemerintah. Sebelumnya Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu mengatakan, PKK merupakan gerakan nasional dalam membangun masyarakat yang tumbuh dari bawah. Pencapaian tujuan dari gerakan PKK sangat tergantung pada segenap peran pengurus dan anggota PKK di semua tingkatan. "Bahkan sampai pada kader yang berada di garis paling depan dalam menggerakkan dan membina masyarakat," sebutnya. Keanekaragaman potensi, kebutuhan dan permasalahan yang di hadapi setiap wilayah, termasuk kondisinya serta kelembagaan PKK dan pelaksanaan programnya, sangat bervariasi. Berbagai permasalahan dan kekurangan keberhasilan hendaknya dapat menjadi bahan evaluasi dan introspeksi.

Keberhasilan gerakan PKK tidak hanya tergambar dengan suksesnya lomba-lomba, tetapi keberhasilan tersebut diukur atas besarnya manfaat di tengah masyarakat serta nilai tambah tanda penghargaan yang diraih oleh para kader atau pemerintah. PKK merupakan mitra kerja pemerintah di semua tingkatan yang selalu menjalin konsultasi dan koordinasi yang baik. "Untuk mewujudkan itu semua, kita harus menyamakan persepsi, menyatukan langkah agar terciptanya sinergi untuk berperan nyata dalam membangun Tapsel dan memberdayakan kesejahteraan keluarga melalui pelaksanaan 10 program pokok PKK," jelasnya. Kepada pengurus yang baru dilantik, Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel berpesan agar menjadi dinamisator program dan kegiatan. Tim penggerak PKK juga terus membina para kader, kelompok-kelompok PKK, dan dasa wisma serta masyarakat luas agar terus bersemangat juga berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui gerakan PKK. "Semoga dengan momentum pelantikan ini akan mampu meningkatkan peran nyata PKK dalam pembangunan di segala bidang, serta dapat melahirkan generasi penerus bangsa yang handal dan turut serta dalam membangun bangsa," tutup Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel. Turut hadir Sekda Tapsel Parulian Nasution, para Asisten, Pimpinan OPD, Kabag, Camat se-Tapsel, Ketua Dharma Wanita Persatuan Tapsel Ny. Parulian Nasution, Ketua TP. PKK Kecamatan, dan Ketua Karang Taruna Bangun Ritonga. (Humas dan Protokol Tapsel)